Blogger Templates

Kuliner Khas Manado di Jogja, Tempatnya Cantik

Ikan Bakar Manado Jogja, Photo by Perjalananday

Kuliner di Jogja sangat beragam, mulai dari makanan khas daerahnya sendiri sampai makanan khas daerah lain. Salah satu yang terkenal di Jogja Ikan Bakar Manado.  Di Jogja sudah ada tiga cabang. Ikan Bakar Manado Babarsari, Sleman dan Condongcatur. Cari saja di google sudah lengkap dengan rutenya.

Masing-masing cabang menunya sama tapi bentuk bangunannya beda-beda. Saya waktu itu memilih Ikan Manado yang cabang Sleman. Karena interiornya sangat unik. Bangunan utamanya berwarna hitam dan bentuknya segitiga. Ada gambar ikan di tengahnya.


Ikan Bakar Manado Jogja, Photo by Perjalananday

Tempatnya cantik dan bersih. Resto ini menyediakan space outdor dan indoor (saran saya mending di outdornya karena interiornya cakep). Pemandangan disekitar hamparan hijau. Bangunannya diapit oleh kebun jagung dan cabai.

Begitu masuk, saya dan suami diarahkan ke box pendingin disebelah kanan pintu masuk untuk memilih sendiri ikannya. Baru setelah itu ditimbang.


Ikan Bakar Manado Jogja, Photo by Perjalananday

Harga per kilo ikannya berbeda-beda tergantung jenisnya. Suami saya pilih ikan kakap kuning yang beratnya 4,95 ons. Harga per kilo gramnya 22 ribu. Ditotalkan jadi 108.900 rupiah. Kalau saya pilih udang ukuran sedang beratnya 2,7 ons. Per kilo gramnya 30 ribu, jadi total 81 ribu.

Serunya disini, kita oleh request ikan dan udangnya mau dimasak apa. Pilihannya banyak, boleh bakar, boleh kuah. Saya pilih udangnya di bakar, sementara suami saya minta ikan kakapnya di masak kuah woku. Boleh request juga tingkat kepedasannya.


Ikan Bakar Manado Jogja, Photo by Perjalananday

Menu lainnya yang kami pesan. 1 porsi kangkung bunga papaya, 2 nasi putih (nasi boleh ambil sepuasnya), 1 es jeruk, 1 teh panas, 1 pisang goreng, 1 air mineral. Total makan di Ikan Bakar Manado untuk 9 menu yaitu 277.090 rupiah.

Kalau soal rasa. Menurut kami ini enak (lidah orang sumatera dan Kalimantan). Rasanya sangat dekat dengan rasa makanan asli kampung halaman. Katanya sih dimasak langsung oleh chef asli manado.

Ohya, restonya buka jam 12 siang. Waktu itu kami datang kecepetan jadi nunggu sekitar 20 menit di parkir sampai restonya buka. Demi ingin merasakan masakan khas Manado (belum pernah ke Manado soalnya).

Oke itu saja. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel